Panen Perdana LSTH Balitbang Kementerian Pertanian Apresiasi Keberhasilan RPIK Blora

 



BLORA- Pilot project Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Center of Excellent (CoE) Lahan Sawah Tadah Hujan (LSTH) di Desa Prantaan, Kecamatan Bogorejo, saat ini mulai masuk masa panen Perdana, (1/07/2021)

Menariknya kegiatan panen perdana tersebut dilaksanakan secara virtual dikarenakan adanya kenaikan kasus Covid-19, khususnya di Jawa Tengah. Meski secara virtual, tidak mengurangi semangat para petani untuk panen padi di lahan sawah tadah hujan. 


Kpala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry memberikan apresiasi bagi para stakeholders yang terlibat dalam kegiatan RPIK LSTH Blora karena telah berhasil melaksanakan kegiatan dengan baik. 

“Alhamdulillah sudah memasuki masa panen, dari 10 varietas padi hasil penelitian Balitbangtan disini bisa tumbuh bagus.,” kata , Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

Fadjry Djufry mengingatkan untuk terus bisa meningkatkan produktivitas padi, tidak hanya di sektor hulu tetapi meningkatkan keuntungan bagi seluruh sektor, dari hulu hingga hilir, pihaknya juga berharap bahwa kegiatan di CoE LSTH Blora dapat di-scale up untuk lokasi yang lebih luas lagi. 

“ ini luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Blora juga sangat  mensupport “ tutur Fadjry Djufry

Fadjry Djufry menuturkan dari 10 varietas yang ditanam varietas Cakrabuana menjadi salah satu primadona pada lokasi CoE LSTH Blora, tak hanya itu varietas tersebut juga menjadi varietas pertama yang berhasil panen di lokasi tersebut. 

“Dengan usia tanaman sekitar 90 hari, hasil ubinan varietas cakrabuana mencapai 5,7 ton/ha. Hasil ini melebihi hasil eksisting yang biasa diperoleh petani. Potensi varietas Cakrabuana untuk dikembangkan di lokasi sawah sangat memungkinkan untuk mengejar musim tanam. “ tutur Fadjry Djufry

Selain itu, potensi bisnis penangkaran benih di lokasi kegiatan juga sangat prospektif untuk dilakukan. 

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus, mengaku terima kasih atas kepercayaan Badan Litbang yang telah melaksanakan demplot Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Lahan Sawah Tadah Hujan (LSTH) di Desa Prantaan Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora. 

“Alhamdulillah kegiatan demplot berhasil di laksanakan dengan baik. Panen varietas cakrabuana, yang rencananya akan di gunakan untuk benih. Terimakasih semua tim Badan Litbang, semua Tim Lapngan Balai Besar Padi, BPSDLP, Pak Camat, Penyuluh Pertanian atas semua kerja kerasnya.” Kata Reni 

Reni menambakan semangat para petani yang luar biasa ini juga menjadi motivasi untuk terus bekerja keras hingga  Riset ini bisa berhasil dengan baik. 

“Semoga kegiatan ini berkelanjutan, petani tetap di dampingi untuk beberapa tahun ke depan, dan semoga teknologi nya bisa di terapkan di lokasi lain di Kabupaten Blora ataupun di seluruh Indonesia.” Tutur Reni

Sementara itu, Yatmo mengaku pada tahun sebelumnya, para petani hanya berhasil panen 1 kali dalam setahun, tetapi dengan adanya kegiatan RPIK Padi LSTH Blora, para petani di Desa Prantaan dapat melakukan panen sebanyak 2 kali. 

“ Kami berharap program ini ada kelanjutannya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya untuk kegiatan pascapanen.” Tutur Yatmo

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 45 partisan, baik peneliti Badan Litbang Pertanian maupun para stakeholders yang terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan panen perdana tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus beserta jajaran dan Kepala Desa Prantaan, Bogorejo, Blora, PPL Kecamatan Bogorejo dan Petani di Lokasi CoE LSTH Blora Jawa Tengah. Secara virtual, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh para tamu undangan, diantaranya Dr. Fadjry Djufry (Kepala Badan Litbang Pertanian),Dr. Priatna Sasmita (Kepala Puslitbang Tanaman Pangan),Dr. Yudi Sastro (Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi),Dr. Joko Pramono (Kepala BPTP Jawa Tengah),Asisten II Bupati Kabupaten Blora Jawa Tengah,Tim RPIK Padi LSTH Blora - Badan Litbang Pertanian,Para peneliti Badan Litbang Pertanian.(Agung)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel