Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Meningkat, Pemkab Targetkan Blora Bisa Turun Ke Level 2




BLORA- Berdasarkan asesmen WHO, Kabupaten Blora berada pada kategori level 3 yang artinya berada setingkat di bawah level tertinggi atau level 4.  Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si berharap agar kedepannya Blora bisa turun ke level 2.

Maka kemudian pihaknya mendorong agar penanganan Covid-19 di Blora untuk dapat terus di optimalkan. Sehingga dapat memenuhi target untuk turun ke level 2.

“Ini menjadi target kita agar Blora semakin membaik nantinya. Target kita untuk bisa turun dari level 3 ke level 2, oleh karena itu kita harus siapkan langkah-langkah yang perlu kita lakukan apa saja” ungkap Bupati usai mengikuti rapat penanganan Covid-19 Jawa Tengah, Senin (26/7/2021) secara virtual dari Ruang Pertemuan Setda.

Bupati Arief mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 di Blora dapat membaik.

Diantaranya, terkait warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) untuk terus dipantau kondisi kesehatannya dan diberikan dukungan obat agar isolasi mandiri berhasil.

“Kita data isoman ada 274 orang, dan yang dirawat ada sekitar 120 orang. Untuk 274 orang ini minta tolong dipetakan by name by adress alamatnya, kita dari Pemkab nanti bersama Polres dan Kodim akan memberikan obat-obatan dan herbal agar pasien ini segera sembuh” kata Bupati

“Warga yang menjalani isoman untuk terus dipantau kondisinya, juga yang tengah dirawat di Rumah Sakit tolong juga diawasi, kira-kira bisa sembuh dan keluar dari RS kapan” tambahnya

Selain warga yang isoman, Bupati juga mendorong agar fasilitas pelayanan kesehatan untuk dapat terus ditingkatkan, penyediaan tempat isolasi terpusat,  juga memastikan terkait ketersediaan oksigen dan obat-obatan.

“Sehingga diharapkan nanti angka kesembuhan meningkat dan angka kematian menurun. Terkait angka kematian memang saat ini kita masih di angka 8 kita berharap agar dapat turun” sambungnya

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, mengatakan tingkat kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Blora semakin meningkat.

“Semakin hari, semakin banyak pasien positif Covid-19 yang sembuh. Tentu diharapkan pasien sembuh terus meningkat,” ujar Edi kepada sejumlah wartawan.

 Untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah 99 orang, sehingga total penderita Covid -19 di Blora yang dinyatakan sembuh mencapai angka  9.506 dari jumlah kasus yang ada 10.796 atau 88 persen. Namun tetap perlu meningkatkan kewaspadaan.

“Meskipun tren kesembuhan naik, namun tetap juga harus terus meningkatkan kewaspadaan karena kasus postif juga setiap harinya terus bertambah,” terang Edi.

Saat ini, lanjut Edi, proses penularan masih terjadi di tengah masyarakat, untuk itu jangan lengah kita harus tetap waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ini mutlak harus kita lakukan agar tetap aman dan sehat.

 Upaya menekan seluruh kasus Covid-19, Edi terus mengingatkan masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir serta menjaga jarak aman di luar rumah. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup.(Ag/Mg)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel