Dinkes Blora Temukan Empat Sampel Positif Mengandung Rhodamin B


Dinkes Blora saat melakukan sweeping makanan dan minuman, Senin (3/5/2021)


BLORA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bersama tim gabungan melakukan sidak (inspeksi mendadak) makanan dan minuman di sejumlah lokasi pasar tradisonal, Senin (03/5/2021). 

Langkah ini dilakukan untuk untuk mengawasi keamanan pangan di wilayah kabupaten Blora menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kasi Farmalkes Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Siti Mahfulloh mengatakan, sweeping dilakukan bersama tim gabungan Kepolisian, Kesra, Satpol PP, Disdag dan Dispertan, dan mengandeng BPOM Semarang.

"Sweeping makanan dan minuman ini sudah rutin kita lalukan setiap tahunnya bersama dinas terkait," ujar  Siti di sela sidak di pasar Jepon.

Siti menyampaikan, sidak dilakukan saat Ramadan karena peredaran makanan dan minuman menjelang Lebaran lebih banyak. Karena itu potensi beredarnya makanan tidak layak sangat besar.

Dari 21 sampel makanan yang diambil, 4 diantaranya mengandung Rhodamin B, yaitu krupuk pasir, krupuk pasir merah, Krupuk rantang kuning dan krupuk rantang merah.

"Dari 21 sampil makanan yang kita diambil, ada 4 makanan yang mengandung Rhodamin B," Paparnya.

Dari hasil temuan tersebut,  Dinkes Blora akan mengambil tindakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat juga pedagang pasar agar makanan yang mengandung Rhodamin tidak diedarkan lagi dan masyarakat untuk cerdas memilih makanan yang memenuhi syarat.

"Sementara kita belum memberikan saksi, tapi nanti akan kami berikan pembinaan kepada pedagang, dan suatu saat ditemukan lagi baru kita berikan saksi," Ujar Siti.(Ag/Mg)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel