RIZA YUDHA SOROTI VALIDITAS SURVEI ARTYS

 

INDES-POLITIK-RIZA YUDHA SOROTI VALIDITAS SURVEI ARTYS

BLORA, Riza Yudha menanggapi bahwa hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Pandawa Research di Pilkada Blora 2020, untuk pasangan calon (Paslon) 02 Arief Rohman – Tri Yuli Setyowati (Artys) dianggap Riza Yudha Prasetya yang berpasangan dengan Dwi Astutiningsih (Asri), adalah survey yang kadaluarsa.

”Survei itu bagi pasangan 01, itu kadaluarsa, karena data diambil tanggal 21 sampai 25 September yang harusnya diumumkan di awal Oktober. Hasil survei itu yang lebih baik kan yang up to date, diumumkan dua atau tiga hari setelah selesai di survey,” ucapnya melalui sambungan telfonnya, Sabtu (07/11/2020).

“Hasil surveinya itu tidak bisa menggambarkan kondisi tiap paslon di awal November ini, itu yang perlu kami tegaskan. Pada tanggal 23 kita baru ditetapkan sebagai paslon, tanggal 24 pengundian nomor urut. Saat itu kita belum bekerja, belum bergerak dan tim belum dibentuk. Sehingga wajar kalau hasil pasangan kita rendah. Jadi, masyarakat tahunya pasangan 02 karena pasangan kita belum muncul,” jelasnya.

Ambil Data September

Bahkan, Riza mempertanyakan mengapa hasil surveinya baru dipublikasikan di awal November bukan di bulan Oktober.

“Pengambilan datanya di bulan September, mengapa baru dipublikasikan di awal November. Artinya, hasil surveinya paslon 02 itu kadaluarsa karena saat dia survei, kita baru ditetapkan jadi Calon pada tanggal 23 September 2020, nomor urut tanggal 24 Sepember, jadi belum bekerja. Kita baru bentuk, Korcam saja seminggu kemudian, apanya yang disurvey, ya jelaslah kita cuma dapat 1,8%," ujarnya kembali.

Percaya Lembaga Survey

Saat dikonfirmasi terkait kredibilitas Lembaga Pandawa Research, Riza mengakui bahwa Pandawa Reseach adalah lembaga survey yang kredibel dan bisa dipercaya, yang jadi soal adalah publikasi hasilnya, tidak up to date.

Namun, dirinya tidak menampik akan kredibilitas lembaga survei, bahkan dia mengharapkan masyarakat Blora harus diedukasi terkait hasil survei.

“Tapi yang jelas satu, masyarakat harus diedukasi bahwa survei sangat penting. Saya tidak meragukan kredibilitas lembaga surveinya, hanya mempertanyakan timing pengambilan data dan publikasi hasilnya. Menurut saya ini pembodohan publik,” terangnya.

Survey Internal Calon

Kembali saat dikonfirmasi, apakah pasangan Calon Asri (Dwi Astutiningsih - Riza Yudha) yang mendapatkan nomor urut 01 ini, juga melaksanakan survey elektabilitasnya. Riza Yudha mengungkapkan bahwa semua calon pasti punya survey untuk internalnya.

"Semua calon pasti punya survey, saya yakin 03 juga punya survey, dan pernah melakukan survey, akan tetapi tidak dipublikasikan, itu untuk evaluasi internal timnya, sedangkan kami pasangan 01 belum memiliki Lembaga Survey, kami melakukan survey melalui tim sendiri, dan hasilnya sangat jauh, dari hasil survey yang diumumkan oleh pasangan 02, dan kenaikan kami sangat signifikan lebih dari 10 %, " tandasnya. (Roy)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel