MUSRENBANGDES PENYUSUNAN RKPDES DAN RKPD BLORA MULAI DIGELAR

INDES-POLITIK-MUSRENBANGDES PENYUSUNAN RKPDES 2021 DAN RKPD BLORA 2022 MULAI DIGELAR

BLORA, Musrenbangdes Penyusunan RKPDES TA 2021 dan RKPD KABUPATEN BLORA TA 2022 mulai digelar di seluruh Desa Kecamatan Sambong. Dari satu sumber diketahui, Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ini diawali dari Desa Ledok di Balai Desa setempat, Kamis (19/11/2020). Dilanjutkan di Desa Brabowan pada Senin (23/11/2020).  Pada hari Selasa (24/11/2020) dilaksanakan di tiga Desa lain yaitu Temengeng, Sambongrejo dan Pojokwatu. Rabu (25/11/2020)  di Desa Sambong, Gadu dan Gagakan. Sedangkan hari Kamis (26/11/2020) di Desa Biting dan Giyanti. 

Menurut Kepala Desa Brabowan Indarsih, usulan-usulan pembangunan yang dibawa ke Musrenbangdes adalah hasil inventarisir usulan pembangunan yang sebelumnya telah dilakukan Tim 11 dan telah dirumuskan pada RPJMDes atau Rencana Pembangunan Masyarakat Desa. "Pada musrenbang Desa, masyarakat masih diberikan kesempatan untuk mengkoreksi usulan, ataupun mempertahanankan usulan bila usulan pembangunan tersebut masih diprioritaskan untuk didanai pada satu tahun anggaran yang akan datang," jelas Indarsih. 

Usulan yang memungkinkan untuk didanai dengan APBDES akan didanai Desa sendiri. Bila tidak memungkinkan, maka usulan tersebut akan dibawa ke Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan. Lewat Musrenbangcam, usulan tersebut akan diperjuangkan agar dapat dibawa ke Musrenbangkab supaya dapat didanai melalui APBD Kabupaten atau APBD Provinsi atau bahkan oleh APBN. 

Masih menurut Kades Brabowan, akibat pandemi covid ini ada beberapa agenda pembangunan fisik yang rencananya akan didanai lewat APBDES Tahun Anggaran 2020, terpaksa harus di'cut'. Dana pembangunan tersebut dialihkan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, lewat Musrenbangdes Perubahan Anggaran beberapa bulan lalu. 

Acara dihadiri oleh perwakilan Kantor Kecamatan Sambong, Kepolisian Sektor Sambong, Komando Rayon Militer Sambong, UPTD Pendidikan, UPTD Kesehatan, KUA, Pendamping Desa, Pendamping PKH, TKSK dan seluruh elemen masyarakat Desa. Musrenbang dipimpin langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa. 

INDES-POLITIK-MUSRENBANGDES PENYUSUNAN RKPDES 2021 DAN RKPD BLORA 2022 MULAI DIGELAR 01

Camat Sambong Nunik Sulistiyo H Sos melalui Kasi Pemerintahan Drs Sukirno mengarahkan, "Hendaknya Desa juga memperhatikan pembangunan pemberdayaan manusia, dapat lewat sektor pengembangan Badan Usaha Milik Desa. Sebab BUMDES dapat dipakai sebagai indikator seberapa tinggi produktivitas masyarakat di suatu Desa."

Kapolsek Sambong Iptu Yatmo melalui Bhabinkamtibmas Bripka Agus Pujianto mengatakan, "Acara berlangsung interaktif, terjadi komunikasi dua arah antara peserta dan para pimpinan musyawarah. Berjalan dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan seperti yang telah ditetapkan." (HR)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel