KOPRA MART - EMBRIO MODERN MARKET DARI BLORA

 

INDES-EKONOMI-KOPRA MART - EMBRIO MODERN MARKET DARI BLORA

Komunitas Perantau Blora yang disingkat Kopra, atau Kopranesia yang dipimpin oleh Ketua Umum Hadi Suharto, pengusaha sekaligus penggagas berdirinya Koperasi Kopranesia Niaga yang berbasis digital itu, kembali membangun jaringan retail dan grosir Kopra Mart kali ini di tanah kelahirannya, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, yang baru saja diresmikan oleh Camat Jati, hari ini Sabtu (31/10/2020).

"Koperasi Kopranesia Niaga memiliki anggota sekitar 30.000 orang di seluruh Indonesia, bahkan di Luar Negeri, ini adalah aset modal yang luar biasa, bila kita mampu mengelolanya, oleh karena itu, kami menggagasnya dalam bentuk usaha bersama yaitu Koperasi Kopranesia Niaga, dengan simpanan wajib dan simpanan pokok sebesar Rp 30.000,- per anggota setiap bulan, terkumpul dana Rp. 9 Milyar, ini untuk bisnis sangat luar biasa besar, dan jaringan retail dan grosir milik Kopranesia, seperti Kopra Mart ini, sudah tersebar di Jakarta dan Jawa Barat, justru di Blora baru kita resmikan hari ini, dan juga bekerjasama dengan investor lokal Blora," paparnya.

Siap Bersaing Harga

Dalam pidato sambutannya, Ketua Umum Kopra, Hadi Suharto mengungkapkan bahwa Kopra ingin membangun Blora, agar lebih maju dan memberikan kesejahteraan kepada warga masyarakat. Dan bertekad akan terus mengembangkan jaringannya dengan Koperasi Kopranesia Niaga.

"Kopra Mart hari ini kami resmikan, dan siap bersaing dengan waralaba yang telah ada dan menjamur di Blora, dengan berbasis kerjasama dan gotong royong, mari kita galakkan ekonomi kerakyatan melalui Koperasi, Kopra Mart siap bekerjasama dengan warung - warung kecil, karena harga kami adalah harga grosir, dan siap kami antar sampai tujuan, harga kami 3 - 5% lebih murah," paparnya kembali.

Penyalur Produk Lokal

Selain harga, Kopra Mart juga siap menampung dan membeli produk - produk UMKM lokal dan hasil pertanian warga, misal beras, sayuran dan buah - buah holtikultura dari petani Blora. Di samping itu juga memberdayakan tenaga kerja sekitar yang telah lulus sekolah.

"Kopra Mart ini akan kami kembangkan terus di setiap Kecamatan paling tidak ada 1 Kopra Mart di tiap Kecamatan, dari Kopra Mart itu nantinya juga akan menampung dan menyalurkan produk - produk UMKM lokal, serta hasil pertanian dan holtikultura, untuk kami pasarkan di seluruh jaringan kami, jadi Kopra Mart kami bangun, bukan menyaingi warung - warung kecil yang ada, justru kami membantu mereka, mendapatkan harga murah, dan diantar langsung, untuk itu kami merekrut karyawan - karyawan muda, yang baru lulus dari sekolah, agar bisa bekerja membantu perekonomian keluarga," ungkapnya.

Koperasi Digital Pertama

Hadir dalam peresmian tersebut, Camat Jati, Kades Doplang, Agus Supriyono, Kapolsek Jati, Danramil Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Blora, atau yang mewakili, tak berapa lama kemudian datang Calon Bupati dan Wakil Bupati Blora, pasangan dari Arief Rohman, MSi dan Tri Yuli Setyowati, ST, MM, beberapa saat usai peresmian Kopra Mart. 

"Saya sangat mendukung berkembangnya Koperasi yang berbasis digital ini, seperti Koperasi Kopranesia Niaga yang dipimpin oleh mas Hadi Suharto, ini patut dicontoh oleh Koperasi yang lain, untuk inovasi dan kreatifitas bisnisnya, yang berbasis digital sesuai dengan perkembangan platform bisnis era kini, selamat untuk Kopranesia" ujarnya kepada Monitor Ekonomi. (Rome)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel