KADINSOS BLORA - KARANG TARUNA HARUS PUNYA USAHA

 

INDES-SOSIAL-KADINSOS BLORA - KARANG TARUNA HARUS PUNYA USAHA

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Dan Anak Kabupaten Blora, berharap Karang Taruna Desa bisa berdaya dan sumbangsih kepada Pemerintah Desa. "Ketika para pemudanya, para Tarunanya, tidak bisa memberikan sumbangsih pada desa, apa yang akan terjadi teman-teman? 

Bahwa akhirnya banyak usia-usia produktif, usia-usia remaja, yang pada meninggalkan desanya masing-masing. mencari kehidupan di? Kota," kata Kepala Dinas Sosial P3A Indah Purwaningsih pada pidatonya di acara Pembukaan Pembinaan Karang Taruna Desa se-Kabupaten Blora (28/10/2020) di Hotel Arra Amandaru Cepu. 

Di depan ratusan anggota Karang Taruna, Kepala Dinsos P3A ini berharap, khususnya kepada perwakilan Karang Taruna yang hadir pada saat itu, mereka harus mampu memiliki kemandirian, memiliki usaha untuk kesejahteraan sosial, dapat melakukan sesuatu untuk desa masing-masing, serta aktif memotivasi dirinya untuk membangun serta memberikan arti bagi desanya.

Tugas Karang Taruna

Indah Purwaningsih juga mengatakan, "Tugas Karang Taruna sudah ada di Permendagri nomor 18 tahun 2018. 'Panjenengan' hadir di sana, kegiatan-kegiatan 'panjenengan' bisa di-'sengkuyung', bisa dimotori dari dana desa yang ada. Sehingga apa? Ini adalah kesempatan yang baik. Tahun 2021 segera hadir. Pasti Musrenbangdes akan segera dimulai."

Masih menurut Indah, kegiatan-kegiatan Karang Taruna mempunyai kesempatan untuk didanai menggunakan Dana Desa. Namun, kata Indah beretorika, "Nggak mungkin dana turun dari langit. 'Jleb'. Dari Kepala Desa, 'nyoh Karang Taruna', tidak." Maka Karang Taruna harus mempunyai wawasan, wacana, perencanaan yang kuat, membuat proposal yang baik, berikan kepada desa serta memperjuangkannya dalam Musrenbangdes. 

Siap Tegakkan NKRI

Sementara itu, dengan nada normatif, Sekretaris Dinsos P3A, Ir Teddy Rindaryo Widodo menargetkan pada tahun mendatang Sumber Daya Manusia Karang Taruna, lebih mampu menumbuhkan dan memperkuat serta memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial. 

Untuk dapat berperan secara aktif dalam setiap penyelenggaraan kesejahteraan sosial di desanya. Karang Taruna juga diharap mampu menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kearifan lokal di wilayahnya masing-masing. 

Teddy juga berharap, Karang Taruna mampu memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pembinaan Karang Taruna

Kegiatan yang mengambil judul "Pembinaan Karang Taruna Desa se-Kabupaten Blora dalam rangka Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Tahun 2020" ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Blora. Menggunakan dana bersumber dari APBD Kabupaten Blora.  

Hadir pada  acara tersebut, Kepala Dinas Sosial P3A Dra Indah Purwaningsih, MSi mewakili Bupati Blora, Sekretaris Dinas Sosial P3A Ir Teddy Rindaryo Widodo selaku Ketua Panitia, dan menghadirkan motivator dari lingkungan Kementerian Sosial Drs Prih Hantoyo, MPA. (ME-02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel